Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-Macam Saham yang Perlu Diketauhi Pemula

Macam-Macam Saham yang Perlu Diketauhi Pemula


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai macam-macam saham yang perlu diketahui pemula yang ada di pasar modal. Dalam dunia investasi, saham merupakan salah satu instrumen yang paling populer. Melalui saham, kamu bisa memiliki hak atas perusahaan dan keuntungan dari bisnis perusahaan tersebut.

    Daftar Isi

Ayo pelajari lebih lanjut tentang macam-macam saham yang perlu diketahui pemula yang ada di pasar modal. Simak uraiannya di bawah ini!

Saham Biasa

Saham biasa adalah jenis saham yang paling umum ditemukan dalam pasar saham. Saham biasa memberikan hak kepemilikan perusahaan dan penghasilan dari dividen perusahaan kepada pemegang saham. Namun, pemegang saham biasa tidak memiliki hak suara pada saat pemilihan pengurus perusahaan.

Pengertian Saham Biasa

Saham biasa adalah surat berharga yang menunjukkan kepemilikan sebagian dari perusahaan tertentu. Dalam pasar saham, saham biasa sering disebut juga dengan istilah saham ekuitas.

Hak Pemegang Saham Biasa

Pemegang saham biasa memiliki hak atas dividen, yaitu bagian dari keuntungan perusahaan yang dibagikan secara tunai kepada pemegang saham. Selain itu, pemegang saham biasa juga memiliki hak atas pembagian aset perusahaan saat likuidasi atau penjualan perusahaan. Namun, pemegang saham biasa tidak memiliki hak suara dalam pemilihan pengurus perusahaan.

Keuntungan Investasi dalam Saham Biasa

Investasi dalam saham biasa dapat memberikan keuntungan berupa capital gain, yaitu kenaikan harga saham dari waktu ke waktu. Selain itu, pemegang saham biasa juga dapat memperoleh dividen sebagai penghasilan pasif dari investasi saham.

Risiko Investasi dalam Saham Biasa

Investasi dalam saham biasa juga memiliki risiko, seperti risiko volatilitas harga saham dan risiko likuiditas. Harga saham bisa naik dan turun dengan cepat sehingga investor harus memiliki strategi yang tepat untuk menghadapi fluktuasi pasar. Selain itu, tidak semua saham biasa memiliki volume perdagangan yang tinggi sehingga bisa sulit untuk menjual saham ketika diperlukan.

Saham Preferen

Saham preferen adalah saham yang memiliki hak istimewa dibanding saham biasa. Hak istimewa tersebut meliputi hak mendapatkan dividen dengan prioritas dan hak untuk memperoleh hak suara pada RUPS perusahaan.

Saham preferen seringkali dijadikan pilihan oleh investor yang menginginkan keamanan dan stabilitas investasi. Investor yang membeli saham preferen akan lebih diutamakan dalam hal pembagian dividen, meskipun jumlah dividen yang diterima mungkin lebih kecil dibandingkan dengan pemegang saham biasa. Selain itu, saham preferen juga diutamakan dalam hal pengembalian modal jika perusahaan mengalami likuidasi atau bangkrut.

"Investor yang membeli saham preferen akan lebih diutamakan dalam hal pembagian dividen."

Saham Blue Chip

Saham blue chip merupakan saham-saham dari perusahaan besar dan mapan yang memiliki kinerja yang stabil. Saham ini biasanya dianggap sebagai investasi yang relatif aman dan cocok untuk investor dengan profil risiko rendah hingga menengah. Berikut beberapa contoh saham blue chip yang terkenal:

Pertamina

Pertamina adalah perusahaan minyak dan gas bumi yang dimiliki oleh pemerintah Indonesia. Sebagai perusahaan BUMN, Pertamina memiliki kinerja yang stabil dan terjamin oleh pemerintah Indonesia. Saham Pertamina termasuk saham blue chip dan cocok untuk investor yang mencari investasi dengan profil risiko rendah.

Telkom Indonesia

Telkom Indonesia adalah perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia. Telkom telah memiliki jaringan telekomunikasi yang luas di seluruh Indonesia dan kinerjanya terus meningkat dari tahun ke tahun. Saham Telkom Indonesia menjadi salah satu saham blue chip yang menarik bagi investor yang mencari saham dengan potensi kenaikan harga dan profil risiko menengah.

Bank Mandiri

Bank Mandiri adalah bank terbesar di Indonesia dan dimiliki oleh pemerintah Indonesia. Bank Mandiri memiliki kinerja yang stabil dan terjamin oleh pemerintah. Saham Bank Mandiri menjadi salah satu saham blue chip yang bisa dijadikan pilihan bagi investor yang mencari investasi dengan profil risiko rendah.

Saham Gorengan

Saham gorengan adalah istilah yang merujuk pada saham-saham yang mengalami kenaikan harga yang drastis dalam waktu singkat, tetapi tidak didukung oleh fundamental perusahaan yang terkait.

Banyak investor yang tertarik dengan saham gorengan karena potensi keuntungan yang besar dalam waktu singkat. Namun, investasi pada saham gorengan juga memiliki risiko yang tinggi karena fluktuasi harga yang tidak stabil dan tidak didukung oleh fundamental yang kuat.

Saham IPO

Setelah membaca artikel ini, kita dapat menyimpulkan bahwa saham IPO merupakan salah satu cara untuk memperoleh keuntungan dalam investasi saham. Namun, sebelum memutuskan untuk berinvestasi dalam saham IPO, kita perlu melakukan riset dan analisis terlebih dahulu. Kita harus memperhatikan beberapa faktor seperti kinerja perusahaan, tren industri, dan prospek ke depan.Selain itu, kita juga perlu memperhatikan risiko yang terkait dengan saham IPO. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, saham IPO memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan saham yang sudah terdaftar di bursa saham. Oleh karena itu, kita perlu berhati-hati dalam memilih saham IPO yang akan kita investasikan.Sebagai seorang investor, kita harus selalu berusaha untuk memperoleh informasi terbaru dan terpercaya tentang saham IPO. Sebagaimana dikatakan oleh Warren Buffett, "The stock market is a device for transferring money from the impatient to the patient." Kita perlu menjadi investor yang sabar dan konsisten dalam melakukan investasi saham."Saham IPO merupakan salah satu cara untuk memperoleh keuntungan dalam investasi saham."

Posting Komentar untuk "Macam-Macam Saham yang Perlu Diketauhi Pemula"